Kamis, 30 Oktober 2014

Menapaki Pesona keindahan Kota Ambon Manise


Menapaki Pesona Keindahan Kota Ambon Manise

Kota Ambon atau Amboina atau Ambonese atau juga Kota yang biasa dikenal dengan nama Ambon Manise yang berarti kota Ambon yang Indah/Manis/Cantik, dan merupakan Kota Terbesar di wilayah Kepulauan Maluku dan menjadi sentral bagi wilayah Kepulauan Maluku. Saat ini kota Ambon menjadi pusat Pelabuhan, Pariwisata dan  Pendidikan di wilayah kepulauan Maluku.

Patung Pattimura.                           

 Patung Christina Martha Tiahahu.





Kota Ambon berbatasan dengan Laut Banda disebelah selatan dan dengan kabupaten Maluku Tengah di sebelah timur, yang berbatasan dengan Pulau Haruku, pulau Saparua, pulau Molana, pulau Pombo dan pulau Nusalaut, sedangkan di sebelah barat berbatasan langsung dengan kecamatan Leihitu, Maluku Tengah dan di sebelah utara dengan kecamatan Salahutu.
Kota ini tergolong sebagai salah satu kota utama dan kota besar diregion pembangunan IndonesiaTimur dilihat dari aspek perkembangan dan pertumbuhan ekonomi. 

Pusat Sentral Perekonomian Maritim Kota Ambon Manise. 

Kota Ambon, sempat diguncang kerusuhan social bermotifkan SARA antara tahun1996-2002. Yang membuatnya mengalami kerentuhan dan kehancuran, namun sekarang kota Ambon kembali Manis dan sudah berbenah diri menjadi kota yang lebih maju dan dilirik sebagai Kota Internasional di Indonesia Timur.

Gong Perdamaian Dunia Di Kota Ambon.


Dilihat dari aspek demografis dan etnisitas, kota Ambon ini merupakan potret kota yang Plural. Dimana dikota ini berdiam etnis-etnis Alifuru (asli Maluku), Jawa, Bali, Buton, Bugis, Makassar, Papua, Melayu, Minahasa, Minang, Flobamora (suku Flores, Sumba, Alor dan Timor) dan orang-orang keturunan asing (komunitas peranakanTionghoa, komunitas Arab-Ambon, komunitas Spanyol-Ambon, komunitas Portugis-Ambon dan komunitas Belanda-Ambon).
Selain terkenal sebagai kota yang Eksotis, Ambon juga terkenal dengan beberapa tempat wisata yang menggiurkan, dan makananan – makananan khas yang siap memanjakan lidah para penikmatnya. Dan beberapa Potret tempat Wisata Pantai dan Makanan khas yang terdapat kota Ambon Manise.

Pantai Liang dan Pantai Natsepa                                         

Makanan Khas Maluku, Papeda dan Sagu.



1 komentar:

  1. Bro, klo mau ambil foto saya yg di patung christina martha tiahahu dan pantai liang bilang dulu dong...

    BalasHapus